MOPD SMAN 1 DEPOK

Halo semuaaa! hmmm... lama tak bersua di blog yaa.. hihi, gue sibuk sekarang B-) haha gaya gue, tapi serius loh akhir-akhir ini, eh bukan akhir-akhir ini doang kayaknya, tapi mulai saat ini kayaknya gue gabisa nyantai lagi deh soalnya hari libur udah abis dan gue juga udah menjajakan kaki gue di sekolah baru, SMA Negeri 1 Depok. Mungkin kalo denger nama itu lo semua berpikiran itu sekolah yang anak-anaknya pinter-pinter, rajin-rajin, dan semacam itu lah, tapi jujur gue sama sekali gak pinter, cuma beruntung aja bisa sekolah disitu. Kali ini gue mau cerita nih tentang masa-masa tersulit gue pas ospek di smansa. Mos smansa itu pokoknya mancay abis lah, bisa bikin keringet dingin, bulu kuduk merinding, trus sakit perut juga, wkwk. Gue cerita dari awal deh.

Hari pertama disuruh dateng ke smansa itu hari jumat (13 juli 2012). itu baru untuk pengarahan aja, tapi gue gabisa masuk karena gue saat itu lagi sakit. Akhirnya nyokap yang dateng ke sekolah buat ngasih surat dokter dan sekalian nanya-nanya tentang persiapan mos buat hari seninnya. Tapi pas nyokap jelasin ke gue, gue sama sekali gak ngerti apa-apa aja yang harus disiapin. Maklum lah gue orangnya rada lemot. Gue itu harus dijelasin langsung, tanpa perantara (kayak rumah aja), wkwk. Akhirnya gue sms koordinator kelas gue yang bisa dihubungi saat itu. Gue tanya-tanya, katanya untuk besok kita disuruh ngumpulin essay tentang "mos menurutku" 500 kata dan biodata semua anak kelas gue. Spontan gue kaget. Gimana ini. Gue aja tadi gak masuk, udah disuruh ngumpulin biodata kayak gitu, gue dapet datanya dari mana?-_- Akhirnya gue besoknya dateng ke sekolah dan gue ngerjain biodata itu disana... trus gue disuruh ngumpul hari itu dirumah salah satu temen kelas gue yang deket sama smansa. Namanya Quroish, dia dari SMPN 2 Depok. Kita kesana buat nyiapin atribut mos untuk hari senin. Yaudah terpaksa gue ikut lah walaupun gue masih sakit. Kalo gue gak masuk / gak ikut lagi pasti gue akan semakin ketinggalan. Atributnya itu banyak banget! Ribet juga, dan sekelas itu harus sama dan kompak atributnya, kalo enggak kita bisa kena hukuman dari kakak-kakak sentra hari senin. (Sentra : Kakak kelas yang suka marah-marah pas kegiatan mos) Parah banget deh. Udah tugas banyak, atribut ribet pula. Akhirnya, gue ikut ngerjain dirumah temen kelas gue itu. Tapi gue cuma bisa setengah hari doang karena gue udah disuruh pulang sama nyokap. Yaudah hari itu selesai. Langsung aja ke hari H nya yaa.

Behhh, jangan ditanya! Hari H itu kita disuruh dateng jam 6 pagi udah harus nyampe smansa, dan membawa semua atribut yang udah dikerjain. Ini dia atribut-atributnya. Sorry yah kalau foto-fotonya agak ngeblur. Maklum kamera tahun 2012, wkwk.

1. Tas kardus mirip roket yg super duper gede banget.





Tas ini tuh gede banget tau, bikinnya aja ribet banget, butuh kardus yang banyak dan yang lebar juga. Belum lagi solasi sana sini. Tingginya kurang lebih 1 meter. Bayangin aja, gue ngegemblok tas ini 3 hari di smansa. Ada sayapnya pula tasnya. Huhu, udah gitu gak boleh dianterin ke smansanya. Harus naik angkot gue. Malu banget di angkot, tapi mau gimana lagi.










2. Topi toga





Jadi topi ini juga harus gue pake selama 3 hari mopd. Topi ini tuh macam topi yang biasa anak kuliahan pake pas kelulusan atau wisuda gitu deh. Bikinnya gak terlalu ribet sih.












3. Diary


 Nah, diary ini kita buat sendiri sekelas dengan perjuangan. Semua anak dikelas gue harus dapet dan bentuknya mesti kayak gini. Susah loh bikinnya. Walaupun bukan gue yang bikin diary ini, hehe, tapi gue tau kok kalo diary ini bikinnya susah. Jadi tuh nanti kita ditugasin sentra buat nulis diary ini selama mos berlangsung. Dan nulisnya gak tanggung-tanggung. Hari pertama aja langsung disuruh nulis 8 halaman! Kebayang gak tuh. Tapi ada tuh temen gue yang sengaja nulis pake tulisan yang gede-gede supaya cepet dapet 8 halaman, wkwk. Tapi ini jangan ditiru yaa temen-temen, nanti kalian bisa dihukum sentra loh. Kalo bisa jangan cari masalah deh, dari pada kalian ribet sendiri.






4. Label botol air minum



Ini semacam label pengganti label asli merk air mineral gitu deh. Ini juga harus dikompakin sekelas.














5. Buku tulis MOPD




Ini dia buku tulis yang kita gunain selama MOPD berlangsung. Hari pertama kita disuruh nyalin tata tertib mopd smansa sebanyak 10 kali. Dan tata tertibnya itu banyak banget! Pegel gue nulisnya, dan satu lagi buku ini harus kompak bentuknya sekelas.











6. Tugas Essay




Ini dia tugas-tugas essay gue. Fyi, tulisannya sangat memalukan ini, wkwk.. Untung gak keliatan ya.














7. Tanda Tangan Sentra








Ini cuma tambahan aja kok. Inilah tanda tangan sentra. Jadi sentra itu adalah kakak-kaka kelas yang meng-ospek kita selama mopd. Mereka bisa dibilang pemeran antagonis kalau dalam film nah kalau kakak korlas itu pemeran protagonis. Sentra tuh yang sering bentak-bentak lo di lapangan, di kelas, everywhere setiap kali lo bikin kesalahan lah. Bahasa halusnya sih tegas. Pokoknya mereka itu melihat secara detail pekerjaan kita dan kelas kita. Setiap kita gak mengerjakan tugas-tugas yang dikasih pasti ada hukuman atau tambahan tugas. Kalau atribut diantara kita juga ada yang gak sama sekelas, kita bakal diomelin dan bisa-bisa dapet hukuman juga. Hmm, ikhlas aja sih yang penting ngejalaninnya.






Itu aja sih yang gue bisa kasih tau. Sebernernya masih ada atribut lain sih tapi gue udah males banget ngasih taunya. Pokoknya hari pertama itu berat banget. Mulai dari tugas-tugasnya maupun atributnya. Udah gitu hari pertama tuh gue kaget banget pagi-pagi langsung disuruh baris dilapangan. Terus ya... dimarah-marahin.. di bentak-bentak, ya gitu deh.. Emang gue sih banyak salah juga, banyak tugas yang belum dan atribut yang kurang. Ohiya, gue juga mau ngasih tau menu makanan yg harus dibawa pas hari pertama. Nih yaa:

1. Padi matang lawan hitam
2. Bala-bala Sunda
3. Kacang panuan
4. Air tambang-tambangan
5. Jus Ichigo

Yaa, kurang lebih itu deh menunya. Pada tau gak apaan aja tuh? Cari tau sendiri yaa, wkwk. Terus, karena rambut gue panjang, gue juga disuruh dikepang dua gitu. Hari pertama itu duka banget deh. Soalnya kita abis banget di omel-omelin sama sentra. Tapi gapapa, semua itu gue jadiin pengalaman aja.

Skip hari kedua aja yaa. Ohiya, gue juga mau ngasih tau, gue lupa kalo hari pertama kemaren itu gue ada penyegaran rohani kristen. Gue pas lagi bete-betenya nih dimarah-marahin sama sentra pas gue masuk rohani kristen smansa hati gue langsung agak ademan dikit, pas nyampe di depan kelas aja udah di "Syalooom" in sama kakak-kakak kelasnya. Waah, ramah banget deh, rasanya kayak disiram air dingin setelah lelah lari-lari seharian di bawah terik matahari. Disitu kita seneng-seneng deh, kayak main games. Pokoknya gak ada yang marah-marahin deh disitu. Akhirnya terbebas juga dari sentra, wkwk. Yaudah langsung bahas hari kedua aja deh.

Hmm, hari kedua itu masih lumyan sama kayak hari pertama. Sentra masih ngomel-ngomel seperti biasa. Sentranya juga ganti, bukan yang kemarin lagi. Kegiatannya juga lumayan sama kayak hari pertama. Tapi menu makanan hari ini beda. Menu makanannya tuh :
1. Bulir nasi tanpa dosa
2. Jus buah permisi
3. Telur 21 hari goreng
4. Sayur eyang laki-laki
5. Buah papa payah
6. Kaca mencair

Tebak sendiri ya itu, gampang kok. Tapi menurut gue hari kedua ini lebih sadis gitu deh.
Hari kedua selesai, hari ketiga itu gue gamasuk. Kenapa? Karena gue kecapean trus sakit lagi deh. jreng2...Gue gak mau maksain masuk ah. Gue pengen istirahat dulu, karena selama mopd itu gue selalu tidur diatas jam 11 malem. Kenapa??? Karena tugas yang dikasih itu banyak banget, belum lagi bener-benerin atribut yang selalu salah dimata sentra. halaah capek banget deh pokoknya. Yaudah gue akhirnya gak masuk aja. Masa bodo lah.

Yaa gitu deh cerita mopd gue. So, buat temen-temen yang berniat masuk smansa depok,  persiapkan batin dan fisik kalian mulai dari sekarang. Smansa depok itu keras! Yaa, mopd ini sih belom ada apa-apa nya dibanding nanti setelah lo menjalani perjuangan yang sesungguhnya di dalam sekolah ini. Bakal banyak deadline tugas, tugas mendadak, ulangan mendadak, apa-apa mendadak. Persiapin belajar aja malemnya. Jangan kayak gue deh pokoknya yang pas-pasan dan cengeng pula
Okay, thank you yaa perhatiannya karena udah mau baca tulisan gue yang gak menarik ini. Jangan bosen-bosen main ke blog gue!