ANAK GAUL JAMAN SEKARANG (?)



Gue baru aja liat postingan-postingan gue yg lama di blog gue ini, haha.. dan gue ngakak sendiri, gue saranin sih lo mendingan jangan kepo pengen ngebaca juga, nanti lo nyesel. YAH, tapi kalo lo emang pengen banget gapapa lah.. gue gak nanggung resikonya yaa. BTW, yang pengen gue bahas kali ini sih gak ada kaitannya sama yg diatas itu. jadi tenang aja hehe.
Hari gini bisa dibilang semua orang pengen dapet eksistensi, ya gak? dari anak kecil, remaja, dewasa, orang tua, kakek2, sampe yg udah tiada pun (yg ini lebay sih) pengen dapet pengakuan dari dunia, dari masyarakat. Apalagi buat remaja2 kayak gue (?) butuh banget tuh yg namanya eksistensi. Nah gimana tuh caranya dapet pengakuan dari dunia sekitar? Kata anak muda jaman sekarang sih caranya jadi GAUL. Apa itu GAUL? Kalo menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sih arti gaul tuh = hidup berteman (bersahabat). Hmm, ya intinya maksud gue gaul disini tuh ya gaul, up to date, tau apa aja yang jadi trend sekarang..gitu.

Hmm, dari yang gue perhatiin belakangan ini, ada beberapa hal nih yg harus lo lakuin kalo lo mau masuk kategori anak gaul jaman sekarang, yah.. orang2 yg sudah melalukan hal ini sih gak menyebut dirinya anak gaul, tapi keliatan kok sama orang lain... penilaian ini bersifat subjektif yaah, ini berasal dari observasi gue terhadap lingkungan sekitar gue, yah kayak temen sekolah, temen main, temen gereja, dll dah.

1. Pakai PATH


apaantuh? jalan? pake jalan dong? ya sering lah.. *plak! salah abis lo! gimana mau gaul kalo Path aja gatauk.. sedih :( Path tuh mainan anak jaman sekarang, yah mungkin bisa dibilang udah mainstream yah di kalangan anak anak gaul. Anak-anak yang pengen gaul tuh harus pake ini. Path ini tuh salah satu dari banyak social media yang lagi tenar di kalangan anak gaul. Twitter? Udah gajaman kali, apalagi Facebook. Penghuni nya sekarang sudah gak jelas, kalo di timeline twitter gue sekarang2 ini nih dah jarang banget temen2 gue yg ngtweet, sekarang kebanyakan twitter dipake buat media promosi doang, online shop, promosi follow2 akun artis dan segala macem dah. Facebook? Duh lupa cara main facebook gue. temen gue sih ada yg sampe sekarang masih sering banget OL FB. gue pernah nanya ke dia kenapa?! trus jawaban nya apa coba? "Yah, formalitas aja" haha serius itu. Jadi dia cuma buka page fb di satu tab browsernya trus dia buka page lain di tab lain, ya.. fb nya di abaikan juga akhirnya.. haha kocak. selain alesan itu, twitter dan fb juga udah gak elit, udah mainstream abis. semua orang udah pake, ya gapapa sih, tapi yg betenya anak-anak alay semua udah menjamur di dunia twitter dan fb, hih.
Balik ke Path deh.. ya selain ini media social buat anak2 gaul, main Path itu lebih asik daripada twitter, di path lo bisa share status, foto, lagu, film, location, buku, sampe sleep/awake lo. lengkap sih.. tapi please banget yah kalo lo udah make path jangan salah paham dan salah gunain media social yang menurut gue masih elit ini, ada temen2 gue yang.. ya, bisa dibilang produksi fb twitter yang salah gaul, make path cuma buat curhat dan nulis2 status gak jelas :( haduh, gue sebagai pengguna Path dan sekaligus temannya hanya bisa cemberut, kapan penderitaan gue berakhir, kayaknya gue salah deh temenan sama tuh orang. Orang2 yang kayak gitu tuh yang bisa merusak nama Path dan akhirnya kalo semakin banyak orang yang kayak dia, udah deh nasib Path bisa kayak temen2nya yg lain, dilupakan, ditinggalin, diabaikan :( kasian. Pokoknya jadilah pengguna Path yang bijaksana, tau cara gunain Path sesuai norma2 yg gak berlaku, yah walaupun gaada aturannya,tapi tetep aja jangan keterlaluan dong.

Nih gue kasih tau deh tips jadi anak gaul pengguna Path yg gak kelewat gaul:
1. Jangan share foto setiap waktu, apalagi foto selfie lo :( share lah foto yang menurut lo keren dan patut untuk dilihat dan membuat orang terinspirasi, tapi jangan SETIAP WAKTU, inget tuh.
2. Jangan bikin status mulu kayak di fb, inget Path bukan fb yang lo bisa curhatin melulu. jangan bikin status yg gak jelas kayak gini : galau:(, aku sakit nih:(, kangen kamu :( Please banget jangan. apalagi nulis status panjang lebar ampe harus ngescroll kebawah buat skip moment lo. please banget :(
3. Jangan share lagu setiap waktu, ya gue ngerti sih lo baru aja beli album artis favorit lo yg baru dan lo pengen orang tau kalo lo punya semua lagu2nya, tapi gak sealbum juga kali lo share ke Path dalam satu waktu. Please kasih selang waktu, biarkan pengguna Path yg lain bernafas ngeliat moment temen2 nya yg lain. jangan sampe isinya cuma ada lo doang.
4. Jangan bikin status dan mention ke orang yang visit Path lo, ya Path hebat yah, kita bisa tau siapa aja orang yang kepo sama kita trus visit Path kita deh, ada notifnya kok. Tapi, jangan dong bikin status kalo ada orang yg visit Path kita kayak gini misalnya
"Cie apalu visit2 Path gue." atau "Ketauan kan visit2, nyari apa lo di Path gue" atau semacamnya lah.
Lo tau gak, itu tuh bisa bikin Path lo gabak di visit sama orang lain yang mungkin takut kalo lo bikin status gitu trus di mention juga ke dia, semua temen2 Path lo pasti bakal tau kalo dia visit Path lo, bisa aja dia malu atau dalam hatinya kesel gitu kan :( jadi, mending diem aja lah, biarkan lo dan dia yg tau...

Itu aja kayaknya.

2. Share lagu-lagu antimainstream di Path

Satu hal yang gue dapet setelah gue menggunakan Path selama lebih dari setahun.. gue bisa melihat ada orang yang gaul aja dan super gaul. Itu menurut gue sih. Dan orang2 yg super gaul itu menurut gue adalah orang2 yang ngeshare lagu2 yang anti mainstrem. Entahlah, apa karena gue emang suka sama lagu2 kayak gitu dan akhirnya gue berpendapat kalo orang yg suka lagu itu adalah orang yg super gaul atau begaimana, gue gak tau deh wakakak. Tapi serius percaya sama gue, kalo lo mau keliatan gaul lo gaperlu ngeshare foto lo yg lagi liburan di luar negeri, atau lagi shopping di pim atau semacemnya.. lo bisa kok keliatan gaul dengan ngeshare lagu2 yang anti mainstream, yg gak banyak orang tau bahkan kalo perlu cuma lo doang yg tau.. wkwk lagu apaantuh yak.. IYA BENER. itu work banget, lo bakal dinilai sebagai orang yg punya selera musik yg tinggi, gak mainstream.. dan itu membuat lo terlihat gaul bahkan smart di mata orang. Percaya deh.

3. Punya ASK FM


Whoah. apaan lagi tuh? sejenis saluran radio gitu yah? kok ada fm2 nya? *plook! gak tau lagi nih apa itu ask fm. duh, pantesan aja lo gak gaul... hmm, jadi saudara2.. ask fm itu tuh mainan anak gaul yg kedua, lagi banyak dipake nih sama temen2 gue sekarang.. gue gak make ini sosmed. Kenapa? karena gaada yg kepo kali ya sama gue, gue jadi males make ini benda. Tuh kayal gitu tuh yg diatas.. Ini media yg paling kepo dari semua media yg ada. apa aja sih yg bisa lo lakuin di ask fm ini? Jadi lo bikin akun, trus abis itu lo bisa nanya2 ke temen lo yg punya ask fm juga, nanya? iya nanya apaan aja.. terserah lo.. yah kalo lo malu buat nanya (malu bertanya sesat dijalan) gimana dong? tenang aja di ask fm lo bisa nanya ke temen lo malah ke gebetan lo tentang hal2 yg lo kepo dari mereka dengan anonymously jadi doi yg lo tanya gatau tuh pertanyaan sebenernya dari lo. enak kan? gabutuh lagi tuh sekarang yg namanya diem2 stalk twitter doi atau nyari tau hobi, alamat rumah, nomer hp, sosmednya repot2. tanya aja lewat akun ask fm nya doi.. tapi semua dikembalikan lagi ke dia, mau jawab atau engaa. haha.
Ohiya, saran gue sih buat lo yg pengen make sosmed ini, coba pikir2 dulu deh.. lo tenar atau gak? lo asik gak? lo punya banyak fans gak? soalnya kalo lo gak termasuk orang2 diatas kayaknya mending gausah deh segala buat ask fm.. soalnya gak bakal kepake juga.. gak ada yg mau nanya.. paling yg nanya cuma om ask fm nya aja hahaha.

4. Up To Date

Selain sosmed yg diatas itu, sebenernya masih banyak sih sosmed lain yg sekarang lagi dipake sama anak gaul, kayak instagram, line, snapchat, dll banyak bgt yg lain.. tapi yg terakhir.. kalo mau gaul ya harus up to date lah.. gimana caranya lo bisa dibilang gaul kalo ditanya ini aja gatau, ditanya film yg baru2 keluar gatau, ditanya tempat nongkrong yg asik gatau, ditanya tentang musik gatau. yahh sama aja boong dong. anak gaul tuh gak melulu terkesan negatif kayak suka keluar malem, clubbing, ngerokok, drugs, dll.. tapi gaul itu gimana lo tau segala hal (yg positif yah) gimana lo gunain masa muda lo buat cari informasi sebanyak2nya.. jangan sampe lo gatau apa2 yg lagi trend di sekitar lo, jangan sampe lo gatau berita yg lagi in di dunia.. jangan batasi pengetahuan, lo harus selalu kepo sama perkembangan jaman.. karena perkembangan jaman tuh cepet banget, mungkin ada sesuatu yg baru di hari ini yg gak ada kemaren, kita gak tau kan? dan yg harus kita lakuin yaa cari tau. Yah.. saran gue sih, jadi lah anak gaul yg positif, tau batas2 dan jangan sampe ngelupain tanggung jawab awal kita. yaitu? Belajar, belajar, dan belajar. See ya!