SIMAK UI 2015, GOTCHA!

Hai^^. Gak kerasa banget udah tanggal segini aja. Bulan Juli udah habis aja, itu berarti libur panjang juga bakal habis bentar lagi, yang mana juga kegiatan sekolah ataupun kuliah juga bakal balik lagi kayak biasanya.

Dari judul postingan gue kali ini, kalian yang anak kelas 3 pasti tau banget apa yang bakal gue ceritain sekarang. Udah ketebak ya? IYA, gue mau cerita perjuangan gue sebagai pejuang tes tertulis ptn 2015. SO, BRACE YOURSELF CAUSE THIS GONNA BE A REALLY LONG STORY!

Kalau temen-temen sekolah gue yang lain udah pada tenang karena keterima undangan di ptn-ptn yang mereka pengen, justru gue malah harus ngelanjutin perjuangan buat dapetin satu bangku di ptn tahun ini. Sedih banget pastinya gak keterima di jalur undangan, apa lagi temen-temen sekolah juga lumayan banyak yang keterima jalur undangan ataupun ppkb. Ohiya sebelumnya gue mau coba jelasin deh jalur-jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri a.k.a. PTN, mungkin kalian masih ada yang kurang ngerti. 

Nah, jadi jalur buat masuk ptn itu sih sebenernya lumayan banyak. Beda sama masuk SMP/SMA negeri nih yang cuma dari jalur ppdb, ada banyak cara buat masuk ptn. Coba gue review jalur-jalurnya ya.
.
.
.
1. SNMPTN Jalur OSN : Dari namanya aja udah jelas ya, siswa yang masuk ptn lewat jalur ini tuh biasanya mereka yang udah pernah juara, biasanya sih juaranya udah sampe tingkat nasional di olimpiade sains nasional. Disini mereka gak ada tes apa-apa, ya semacem diundang gitu lah sama ptn nya, sebenernya gue juga gak terlalu ngerti teknis ptn ngundang mereka gimana, tapi intinya itu sih. 

2. SNMPTN Undangan : Ini hampir sama kayak SNMPTN jalur OSN sih, tapi yang beda adalah di SNMPTN Undangan ini yang jadi acuan adalah nilai rapor dari semester 1-5 selama kalian SMA. Hmm, masalah nilainya yang harus gimana sih juga gak ada yang tahu pasti bagaimana panitianya menyeleksi nilai-nilai yang ada. Tapi yang jelas kalau mau aman usahakan nilai dari semesteri 1 sampai 5 terus naik, karena memang rata-rata siswa yang diterima jalur ini nilai rapornya seperti itu. Selain nilai rapor, panitia juga menilai sekolah kalian juga loh ternyata, jadi nilai 8 di sekolah kalian mungkin berbeda dengan nilai 8 di sekolah lain, begitu kurang lebih. Disini gue gak akan menguraikan secara detail tentang snmptn undangan yaa, kalian bisa cari di google untuk info lebih detailnya. Gue saranin sih jangan terlalu berharap lah sama snmptn undangan ini, karena banyak siswa yang nilai nya tinggi-tinggi dan punya banyak prestasi pun tidak bisa lolos di jalur ini. Gue juga bener-bener gak ngerti gimana panitia nyeleksinya. Intinya, jangan terlalu berharap sama jalur ini. Ya kalau pun lolos bersyukur, tapi kalau enggak gak usah patah semangat dan jangan menganggap diri lo bodoh apa lagi gak pantes buat masuk ptn, wkwk. Mungkin emang lo belum cukup beruntung buat dapetin ini dan mungkin emang bukan kehendaknya Tuhan lo lolos di jalur ini. 

3. PPKB : Gue gak tau banyak sih tentang jalur ini, tapi ini mirip sama undangan juga, trus ini juga khusus UI aja sepertinya. Tapi, nanti siswa yang lolos dari jalur ini bukan mahasiswa reguler tapi paralel. Apa tuh bedanya reguler sama paralel? Yang paling jelas sih dari biaya kuliahnya, paralel memang lebih mahal dari reguler, dan paralel biasanya isinya anak-anak yang berkecukupan. Trus bedanya lagi, di paralel itu hampir gak ada yang namanya beasiswa, beda banget sama reguler yang penuh dengan tawaran beasiswa ini itu. Alasannya ya karena tadi itu, pihak universitas udah nganggep kalau siswa paralel itu mampu, jadi gak perlu beasiswa lagi. Mungkin gitu ya, cmiiw.



4. SBMPTN : Dulu disebut juga SPMB, SNMPTN tulis, atau semacam itulah. Ini jalur yang bener-bener ngandelin otak dan mental lo banget. Kalau kalian memang belum beruntung lolos di jalur undangan, maka jalur pertama kali bakal lo kejar adalah jalur SBMPTN ini. Ya, disini lo bakal di tes, makanya persiapannya harus belajar. HARUS BANGET YA, hehe kecuali kalau lo emang genius, bebas. Dan belajarnya juga gak bisa pake sistem kebut semalam alias sks gitu loh, gak mungkin bisa! Karena kenapaaa? Materi SBMPTN ini tuh gila-gilaan. Materinya banyak banget, udah gitu soalnya susah-susah, beda banget deh sama soal UN atau soal-soal yang kalian sering kerjain di sekolah. Lo gabisa asal ngapalin rumus aja kalau mau sukses ngerjain soal SBMPTN nanti, tapi yang paling penting lo ngerti konsepnya gimana. Kenapa sih soal SBMPTN ini susahnya tingkat dewa? Karena SBMPTN itu adalah tes yang sifatnya menyeleksi, beda sama UN yang sifatnya cuma mengevaluasi apa yang lo pelajarin selama SMA. Trus gue pernah baca juga kalau gak salah di blog zenius kalau soal-soal SBMPTN itu dibikin sesusah mungkin supaya gak ada orang yang bisa lolos, wkkw gak tau juga sih maksudnya apa.
Tips buat SBMPTN ini sih dari yang gue udah pernah alami, belajarnya mulai dari sekarang. iya sekarang banget, jangan nunda-nunda habis UN, habis pengumuman UN, apa lagi H-1 SBMPTN. Saran gue juga mendingan kalian lebih fokus belajar sbm dari pada UN, karena sbm sama UN itu beda banget tingkat kesulitan soalnya. Selain itu, jangan cuma belajar materi sama soal aja nih, belajar juga mengatur waktu untuk ngerjain soal mulai dari sekarang. Karena, waktu yang dikasih buat SBMPTN itu mepet banget, makanya kalian harus latihan ngebagi-bagi waktu juga. Jangan sampe pas waktu abis masih ada soal yang belum sempet kalian baca, sayang banget... siapa tau aja soalnya gampang. Jadi, itu penting banget, karena nanti juga pas tes aslinya berlangsung, kalian gak boleh pakai jam tangan loh, kalau ruangan tes kalian ada jamnya sih masih enak, nah kalau gak ada? HM...

5. Seleksi Mandiri : Ini mirip sama sbmptn juga sih, tapi biasanya yang ngadain itu per universitas, makanya disebut seleksi mandiri. Ada banyak kok ptn yang ngadain seleksi mandiri ini kayak UI (SIMAK UI), UNAIR, UNDIP, UGM (UTUL), UB (SPMK), IPB (UTMI), UMB PT, UPI, UNHAS dll. Tapi ada juga yang udah gak ngadain seleksi mandiri lagi, contohnya kayak ITB sama Unpad yang gue tau. Biasanya sih soal-soal seleksi mandiri ini lebih susah lagi dari sbmptn tingkatnya, contohnya aja yang gue tau dan gue ikut itu SIMAK. Tau simak kan ya? SIMAK itu nama seleksi mandirinya UI. Behehee, kalau soal-soal sbmptn itu jauh lebih susah dari soal UN, soal-soal simak malah jauh lebih lebih susah dari sbmptn. Kata orang sih simak itu 10 kali lebih susah dari sbmptn. HM, bener banget emang. Kalau kalian gak percaya, coba download aja soal-soal simak dibawah ini, coba kalian kerjain dheee, hehe ._.
SIMAK UI 2015 (Kemampuan Dasar) 
SIMAK UI 2015 (Kemampuan IPA) 
Sorry yaa SIMAK UI yang 2015 gue gak ada yang IPS, karena gue ikut yang IPA aja :( 
Nih yang 2014 ada kok.
SIMAK UI 2014 (Kemampuan Dasar) 
SIMAK UI 2014 (Kemampuan IPA) 
SIMAK UI 2014 (Kemampuan IPS) 

 Oh iya, ada juga seleksi mandiri beberapa ptn yang gak pake tes, tapi ngandelin nilai sbmptn kita yang gak lulus, jadi tuh kalau di sbmptn kita misalnya gak lulus kita bisa daftar di ptn ini gunain nomor sbmptn kita yang kemarin dan gak pake tes lagi. Contohnya yang gue tau di ITS sama UNS.
Btw, biar lebih ngerti lagi...ini kira-kira skemanya jalur-jalur masuk PTN yang bersumber dari zenius.net

Okee, sekarang udah ada gambaran kan kira-kira sengitnya masuk PTN itu kayak gimana. Sekarang gue mau nyeritain nih tes-tes apa aja yang udah gue ikutin, trus rasanya tuh gimana.
Pokoknya tuh gue ikut banyak banget tes lah, mulai dari tes salah satu perguruan tinggi kedinasan STIS, SBMPTN, UMPN PNJ, sampe SIMAK. Gue juga daftar UM nya UNS yang pake nilai SBMPTN yang gak lolos. Jadi gue mulai dari tes STIS dulu ya.

Siapa sih yang gak mau masuk PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan)? Apa lagi kalau macem-macem STAN atau STIS gitu, pasti semua orang mau lah ya. Kenapa sih banyak banget yang mau masuk PTK sekarang-sekarang ini? Jelas aja lah, jadi anak PTK tuh banyak banget untungnya loh... mulai dari gak bayaran semester, dikasih uang saku pas jadi mahasiswa, dan yang paling penting sih dapet kerjaannya gampang, karena langsung ditempatin di kantor-kantor pemerintahan gitu. 

Naah, karena banyaknya keuntungan yang bakal gue dapet kalau kuliah di PTK, makanya gue ikutan deh daftar salah satu PTK yang sudah cukup terkenal yaitu STIS. Trus gimana? Yaa dengan persiapan yang ala kadarnya aja, ternyata gue belum cukup beruntung buat masuk STIS ini. Apa mau dikata, mimpi dapet gaji selama kuliah tinggal lah mimpi. Fyi aja, biasanya seleksi masuk PTK ini lumayan banyak tahapannya loh, mulai dari tes akademik, tes kebugaran, sampai tes wawancara. Jadi waktunya juga lumayan lama. Waktu itu sih kalau gak salah pendaftarannya sekitar bulan April trus ujiannya awal Mei. Intinya ini tes yang paling duluan gue ikutin lah. Tes akademiknya itu terdiri dari Matematika, Pengetahuan Umum & Bahasa Inggris. Yaa kelihatannya sih simple yahh, tapi soalnya itu banyak bgt dan susah loh and yeah...waktu ngerjainnya singkat banget. Gue aja gak sempet baca semua tuh soalnya. Miserable bgt deh.

Trus tes selanjutnya yang gue ikutin adalah SBMPTN, yhaa gitu deh gue ngerasa SBMPTN gue ancur banget deh, gue ngeblank banget pas ngerjain sbm. Hari itu tuh gue ngerasa deg-degaaan banget, trus keringet dingin juga sampe tangan gue basah. Gue dapet tes di SMAN 68 Jakarta. Pagi-pagi jam setengah 5 gue udah jalan dari Depok dianterin nyokap gue naik kereta. Sebelum hari H SBMPTN ini gue udah sempet nyari sekolah ini supaya nanti pas hari H gak ribet nyarinya. Jadi gak ada hambatan yang berarti lah selama perjalanan pas hari H. Gue dateng tepat waktu banget, bahkan bisa dibilang agak kepagian. Tapi itu gak ngurangin sama sekali rasa nervous gue saat itu, awalnya sih belum kerasa deg-degannya, tapi pas udah 15 menit sebelum ujian dimulai mulai deh deg-degannya gak karuan. Gak tenang banget deh rasanya.
Ya akhirnya pas ujian dimulai dan soalnya mulai dibagiin, gue langsung nyoba ngerjain soal secepat mungkin, karena gue takut gak sempet baca semua soal, jadi ngerjainnya tuh kayak buru-buru gitu deh, gak tenang banget. Yaudah gitu aja sih SBMPTN gue. Ternyata waktu sebulan penuh habis UN ini yang gue pakai buat belajar SBMPTN doang belum cukup buat bikin gue lolos di ujian ini. Well, pilihan gue di sbm tuh ini:
1. FTTM - ITB
2. Farmasi - Unpad
3. Teknik Geologi - Unpad
Dari ketiga pilihan gue tersebut di atas, gue akhirnya gak berhasil dapet satu pun, sedih banget lah pokoknya :(

Farewell SBMPTN! Sekarang gue mau lanjut ceritain SIMAK deh. SIMAK ini ujiannya beda 5 harian apa ya dari sbm, gue juga udah lupa. Pokoknya gak lama-lama banget habis sbm lah. Jujur banget gue gak ada persiapan apa-apa buat SIMAK ini. Gue belum pernah nyentuh soal-soal SIMAK selama belajar sebulan kemarin, karena sebulan kemarin yang gue pelajarin hanyalah materi sbm. Jadi gue ngikut SIMAK ini tuh ya nothing to lose aja sih, untung-untungan aja. Jurusan yang gue pilih di simak lagi-lagi Teknik Metalurgi (Reguler), Teknik Elektro (Reguler), sama Ilmu Keperawatan (Reguler). Serius, yang gue pengen sebenernya cuma Teknik Metalurgi aja, dan dua pilihan yang gue isi setelahnya itu bener-bener ngasal abis. 

SIMAK tuh ujiannya kalau gak salah waktu itu hari Minggu, dan gue dapet lokasi ujian di SMAN 3 Bogor. Yaa, karena gue bener-bener gak terlalu niat ikut SIMAK ini, gue pun males nyari nih sekolah. Gue pikir... yaelah Bogor ini, deketlah sama Depok, tinggal naik kereta trus nyampe deh. Eh, ternyata kawan... Pas hari H itu gue bener-bener kewalahan banget nyari nih sekolah. Dari stasiun Depok baru gue turunlah di stasiun Bogor, masih lumayan pagi lah sekitar jam setengah 6. Setelah gue keluar stasiun gue langsung nanya orang-orang sekitar stasiun itu dimana tuh smanti bogor, tapi mereka juga gak tahu, trus gue nanya tukang angkot juga bingung abang-abang tukang angkotnya. Lah? Masa iya sih gak ada yang tau nih sekolah sih, kocak banget... Bener-bener kewalahan banget deh nyarinya. Gue masih terus nyari tuh sampai setengah 7 belum ketemu-ketemu sekolahnya, padahal ujiannya dimulai jam 7 TENG LOH! Gila abis, gue udah bener-bener frustasi lah, ohiya untungnya gue ditemenin nyokap gue, kalo gak ada nyokap gue, gataulah gue udah nangis kali di jalanan. Udah jam 6.45, tapi gue belum dapet-dapet tuh lokasi. Bulak-balik nanya abang angkot tapi gak ada yang tau, mana gak ada taksi waktu itu, gak ada ojek pula. Sumpah bingung banget deh sama Bogor. Gue udah hopeless lah, gue pengen balik aja rasanya saat itu :"

Tapi guys, ternyata rencana Tuhan bener-bener gak terduga buat gue, akhirnya jam 6.50 ada orang yang tau dimana itu smanti bogor!!! Gue gak tau lagi harus seneng atau gimana, karena ya tinggal 10 menit lagi ujian dimulai. Akhirnya tuh orang nawarin nganterin gue sama nyokap gue ke tuh sekolah, dan Puji Tuhan, Tuhan itu emang baik banget... Kita nyampe dengan selamat di lokasi jam 7 pas. Gue langsung masuk nyari ruangan ujian gue, pengawasnya udah di dalam ruangan loh...tapi untungnya peserta belum di bolehin masuk, huffft... gue ngembus nafas panjang banget. Dengan kondisi yang bener-bener diluar pemikiran gue, gue ngerjain tuh soal SIMAK yang gue belum pernah latihan sebelumnya. Gue coba nenangin diri gue dulu karena baru aja nyampe jam segini, baru deh gue pelan-pelan gue baca soal-soalnya. 

Susah? Susaaaah banget! Gue gak tau ini soal apa. Ada IPA terpadu segala yang gue gak pernah pelajarin sebelumnya. Yaudah intinya gue kerjain semua soal yang gue bisa. Tapi anehnya, pas simak ini gue gak sedeg-degan sbm kemarin sih... gak tau kenapa deh. Gue lebih tenang ngerjainnya, malah gue sempet tidur karena saking banyaknya soal yang gak bisa gue kerjain, wkwk. 

Hasilnya... setelah ngebuka pengumuman simak yang dimajuin cukup jauh dari hari yang udah ditentuin ternyataaa gue lolos SIMAK guys, wkwk. Hal yang begitu luar biasa yang pernah gue alami. Gue bener-bener gak percaya sama apa yang gue baca saat itu. Seneng banget lah pokoknya. Gue gak habis pikir banget loh gimana Tuhan ngatur jalan hidup gue yang sebegitunya. Tuhan bener-bener AJAIB banget kawan!!! Rasanya mau nangis banget nginget perjuangan SIMAK gue :"""

Oh iyaa, gue lupa. Sebelum SIMAK sebenernya gue ikut ujian mandirinya PNJ juga, namanya UMPN PNJ. Jujur gue ikut ini cuma nyoba-nyoba aja sih. Gue gak belajar apa-apa juga buat ujian ini, apa lagi setelah denger kata temen-temen kalo UMPN gak susah-susah banget gue langsung agak sombong, wkwk. Dan, ya bener juga temen-temen, UMPN gak sesusah SBMPTN kok, gue udah ngalamin sendiri. Kalo emang lo kemarin-kemarin udah fokus buat belajar SBMPTN, pasti bisa lah tembus UMPN ini. Puji Tuhan gue akhirnya juga keterima disini jurusan D3 Manajemen Konstruksi. Btw, di poltek jakarta ini cuma ada d3/d4 aja loh gak ada s1 wkwk karena PNJ ini fokusnya lebih ke praktik. Jadi kalo lo emang lebih suka praktik dari pada teori, masuk aja politeknik.
Btw, yang mau tau soal UMPN PNJ 2015 kemarin yang gue kerjain, nih gue kasih deh...
UMPN PNJ 2015 (REKAYASA) 
Sebelumnya sorry kalau di soalnya banyak coret-coretan karena itu soal gue sendiri, trus gue ikut yang bidang IPA/REKAYASA aja, jadi gue gak punya soal yang Tata Niaga/IPS. 

Terakhir... gue juga nyoba UM nya UNS yang pakai nilai SBMPTN yang gak lulus kemarin... Ini tuh daftarnya bener-bener gak niat banget deh, wkwk. Gue daftar sehari sebelum pendaftaran ditutup dan bayar beberapa jam sebelum jam 12 siang, dimana jam 12 siang itu pendaftarannya ditutup. Puji Tuhan jugaaaa... gue dapet juga nih UNS jurusan Teknik Sipil. 

Hmm, sepertinya UM UNS itu yang terakhir gue coba sih... Habis itu gue udah gak nyoba apa-apa lagi. 
.
.
.
SOOO, intinya lo gak bakal pernah tau apa yang akan terjadi dalam hidup lo. Entah seperti apa pun lo sekarang ini, masa depan ya cuma Tuhan aja yang tau. Pinter/bodoh sama sekali gak ngejamin lo sukses atau enggak kok. Tapi satu hal yang gue pelajarin dari pengalaman gue belakangan ini adalah, ketika lo udah bekerja sekeras yang lo bisa, lo harus pasrahin semuanya sama Tuhan, karena Tuhan gak pernah tutup mata kok. Dia tau apa yang lo kerjain, yang lo rasain, yang lo pikirin. Dia tau semua, karena dia yang nyiptain lo. Dia tau apa yang terbaik buat lo karena Dia tau lo banget dari ujung rambut sampe kaki lo. Jadi kalo lo ngerasa dapet pilihan yang salah yang gak sesuai dengan kemauan lo, pikirin lagi deh sebenarnya itu cuma kemauan apa memang kemampuan lo. Tuhan gak akan pernah salah kok. Yang kita harus lakuin sebagai manusia ya sabar, ikhlas, dan terus berusaha. Yey,  semangat buat kalian yang akan berjuang!!! Inget, apa yang kalian tabur itulah yang akan kalian tuai kelak, GOOD LUCK :) 

ohyaa kalau ada yg pengen nanya2 atau kenalan sama w boleh tanya di askfm w kok ask.fm/romegasianturi 
hihii